Rekomendasi Bahan Terbaik untuk Membuat Tas Seminar

Blog

TokoAndalan.com ~ Tas adalah salah satu varian atau bagian dari dunia fashion yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari lebih khusus bagi wanita yang memang seolah Produk Tas ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga tidak jarang bagi wanita mengkoleksi beragam jenis dan model tas. Hingga saat ini tas merupakan barang yang tidak terlepas dari banyak kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, terkait dengan para pelajar, pekerja, dan profesi lainnya. Dari itu, rasanya tidak ada salahnya mengenali sedikit material yang biasa diperlukan dalam membuat tas. Khususnya mengenal bahan utamanya yaitu kain.

Untuk dapat bersaing di pasaran, model tas pun terus dikembangkan mengikuti trend yang ada. Hal ini dilakukan para pelaku konveksi tas sebagai daya tarik buat para konsumen dan juga calon konsumen untuk membeli produk mereka. Meskipun begitu, fungsi keberadaanya tetap diperhitungkan yakni sebagai tempat menaruh atau menyimpan barang-barang, seperti barang/perlengkapan untuk bekerja, sekolah dan lain sebagainya. Terkait dengan fungsinya tersebut, pengetahuan tentang bahan-bahan tas ini mungkin diperlukan terutama bagi yang ingin membuat tas dalam skala besar seperti untuk keperluan seminar, dan lain-lain.

Memang, jika kita memperhatikan secara kasat mata model tas pasti banyak gayanya, begitu juga dengan macam-macam bahan tas yang pasti berbeda – beda. Bahan tas yang dipakai pria dan wanita biasanya akan menyesuaikan selera dan kebutuhan. Ada model tas ransel, rucksack, daypack dan tas branded wanita. Jika anda memperhatikan fashion tas, bahan dasar sangat mempengaruhi penampilan. Misalnya tas wanita branded berbahan kulit akan berbeda dengan berbahan sintetic. Selain itu kebutuhan juga mempengaruhi, apakah tas tersebut akan digunakan untuk membawa barang-barang sedikit yang ringan atau barang bawaan yang banyak dan berat.

Jenis kain sebagai bahan dasar pembuatan tas memiliki sifat dan tekstur yang berbeda-beda, disesuaikan dengan fungsi tas itu sendiri. Membuat sebuah tas bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan ketelitian dan ketepatan pola agar sesuai dengan desain yang diinginkan juga memiliki jahitan yang rapi dan presisi. Maka penjahit pakaian belum tentu mampu mengerjakan pembuatan tas. Oleh karena itu, dibutuhkan pengrajin khusus yang telah melalui latihan keterampilan pembuatan tas. Jenis tas pun bermacam-macam, mulai dari tas ransel, tas selempang, tas bahu, tas pinggang dan tas lainnya. Tentu saja memiliki pola yang berbeda, maka seorang pengrajin harus memahami semua pola tas tersebut.

Adapun bahan yang digunakan untuk pembuatan tas, disesuaikan dengan kebutuhan tas itu sendiri. Berikut macam-macam bahan dasar untuk membuat tas seminar yang umum digunakan oleh para pengrajin tas seminar, tak terkecuali juga tentunya Mitra konveksi tas Shoba Industri sangat biasa menggunakan jenis-jenis bahan yang dibawah ini :

1.     Bahan Kanvas untuk Tas Seminar.

Bahan kanvas untuk tas seminar merupakan salah-satu jenis kain buatan pabrik yang mempunyai tekstur berserat tebal dan sangat kuat. Bahan kanvas ini merupakan campuran antara polyster dengan katun, walaupun saat ini kanvas kebanyakan berbahan dasar linen atau kapas, akan tetapi dengan teknologi tertentu maka tidak mengurangi kadar ketahanan kain kanvas ini. Kain kanvas memiliki serat tebal dan menyerap air sehingga banyak juga digunakan sebagai bahan dasar tas outdoor. Salah satu bahan kanvas yang dikenal umum adalah kanvas lukis, fisik bahannya sedikit kasar dan tebal serta kaku. Sedangkan bahan kanvas yang jauh lebih halus dan lebih lembut serta tidak kaku disebut baby canvas. Tas yang menggunakan bahan baby canvas akan terlihat lebih premium dibandingkan menggunakan kanvas lukis. Tas gunung dan daypack adalah beberapa contoh tas yang menggunakan kanvas sebagai bahan dasarnya. Bahan kanvas juga digunakan untuk membuat sepatu, jaket, tenda, terpal bahkan hingga payung taman. Tas berbahan dasar kanvas ini lebih populer di kalangan pria. Karena kebutuhan mereka akan tas yang kuat lebih tinggi dibanding wanita, tak heran jika beberapa brand secara khusus memiliki bag series yang terbuat dari kanvas.

Secara umum bahan kanvas ini dapat dibedakan menjadi dua bagian yakni Kanvas murni dan kanvas sintetis. Biasanya ketebalan kain kanvas murni tanpa lapisan lem/cat ini, banyak digunakan sebagai bahan pembuatan produk fashion, salah satunya tas branded mau kw ataupun original (bedanya di kualitas jenis kanvas). Sedangkan bahan kanvas sintetis adalah kain kanvas yang dilapisi lem/cat/acrylic atau terbuat dari bahan sintetis, kebanyakan dari bahan polyester dicampur dengan bahan kain blacu/katun, sehingga hasil akhirnya dari kain kanvas sintetis ini tidak terlihat seperti sebuah kain, tapi seperti sebuah kulit sintetis tipis namun kokoh berbeda dengan bahan kulit sintetis murni yang memerlukan ketebalan khusus supaya lebih kuat.

2.     Bahan Beludru untuk Tas Seminar.

Tidak banyak informasi yang bisa kami bagikan kepada anda terkait bahan tas seminar berjenis beludru ini. Selain yang pasti adalah bahan tas Beludru adalah kain yang mahal, berkilau, biasa digunakan pada tas tangan atau tas pesta namun bukan tidak mungkin dapat juga kita buat sebagai tas seminar, meskipun ini sangat jarang terjadi.

3.     Bahan Polyster untuk Tas Seminar.

Polyster merupakan kain yang memiliki bahan dasar plastik sintetis, bukan berasal dari olahan bahan-bahan alami. Bahan ini memiliki keunggulan tahan air, sehingga cocok digunakan untuk bahan dasar tas hiking atau tas keperluan naik gunung. Tetapi pada dasarnya, bahan polyster ini dapat digunakan untuk segala macam tas. Kekurangannya, polyster ini bersifat tidak menyerap keringat sehingga memantulkan panas saat digunakan.

Bahan atau kain polyster yang biasa digunakan untuk pembuatan tas ini dikenal tahan lama, tidak mudah kusut, dan lebih cepat kering saat dijemur. Kelebihan lainnya yaitu lebih tahan terhadap berbagai bakteri, tahan air (water-resistant) dan juga tidak mudah kusut ataupun melar, serta tahan terhadap pencucian kimia atau dry cleaning maupun pelarut organik. Namun, polyester juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menyerap keringat sehingga terasa panas saat digunakan di cuaca yang panas, bahan mudah terbakar sama halnya dengan kebanyakan bahan kain sintesis lainnya karena bahan bahan tersebut terbuat dari polimer.

Salah satu jenis bahan yang termasuk polyster yaitu dinier, bahan jenis polyester fabric yang biasa digunakan untuk pembuatan tas ransel, tas laptop dan lain sebagainya. Bahan ini pada umumnya tebal sehingga sering digunakan bagi yang menginginkan tas yang bersifat durable dan tahan lama. Type lainnya dari jenis ini yaitu Dolby, jenis polyester fabric ini harganya diatas dinier, sering digunakan untuk tas ransel atau gym/fitness bag, terkesan nampak lebih glossy (mengkilap) dan waterproof.

Selain karena ketebalannya, polyester juga lebih tahan terhadap berbagai bakteri, water resistant dan tidak mudah kusut atau melar. Tak hanya itu saja, kelebihan lain bahan ini adalah ketahannya pada proses kimia dry cleaning serta pelarut organic. Namun meski banyak kelebihan, polyester memiliki kelemahan tidak dapat menyerap keringat sehingga terasa panas saat digunakan pada cuaca yang terik dan mudah terbakar karena terbuat dari bahan polimer.

4.     Bahan Kulit untuk Tas Seminar.

Bahan kulit sudah umum menjadi bahan dasar untuk pembuatan sebuah tas, namun untuk pembuatan tas seminar masih sangat jarang dipesankan orang. Karena mungkin factor harga tas dengan bahan kulit jauh lebih mahal dibandingkan dengan tas berbahan kain. Hal tersebut bisa disebabkan karena faktor bahan kulit yang susah didapat serta ketahanan produknya (tahan lama atau lebih awet dibandingkan tas kain). Bahan Kulit itu sendiri ada yang terbuat dari kulit asli maupun sintetis. Kalo kulit asli, pastinya lebih mahal ketimbang yang sintetis. Kulit yang biasa digunain untuk membuat tas bisa berasal dari kulit ular, kulit buaya, kulit sapi, kulit kambing dan lainnya.

Cara mengenal bahan, membedakan kulit asli dengan sintetis dapat dilihat dari fisik tampilannya. Kulit asli permukaanya tidak rata, pori-porinya tidak beraturan dan tidak konsisten karena memang alami. Sedangkan untuk kulit sintetis atau imitasi permukaanya cenderung rata dan teratur. Tas yang terbuat dari bahan kulit identik terlihat kaku, namun beberapa brand mengembangkan tekhnologinya sehingga walaupun terbuat dari kulit, tapi tas yang mereka hasilkan terasa ringat, seperti Balenciaga.

5.     Bahan Spunbound untuk Tas Seminar.

Bahan Spunbound ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan souvenir. Bahan ini dikenal sebagai kain laken (nonwoven/sisa kain yang dipress), bahan kain dengan struktur datar seperti lembaran, bukan ditenun tapi melalui ikatan serat dengan cara mekanik atau kimia. Kelebihan bahan ini mudah didapat, harga yang relatif murah serta ramah lingkungan.

6.     Bahan Plastik untuk Tas Seminar.

Tas berbahan plastik ini masih sering kita jumpai, mungkin salah satu alasannya dapat bertahan lama atau awet karena pada dasarnya bahan plastik sulit dicerna oleh alam hingga bertahun-tahun. Dari itu, plastik harus dimanfaatkan kembali atau di daur ulang supaya tidak merusak lingkungan. Itulah perlunya mengenal bahan dalam membuat suatu produk.

7.     Bahan Denim/Jeans untuk Tas Seminar.

Dari namanya, biasanya setiap orang langsung mengetahui bahwa kain bahan dasar pembuatan tas jenis ini sering digunakan untuk pembuatan celana jeans. Pada awal sejarahnya, denim ini diambil dari nama kota di Prancis, kota Nimes. Awalnya bahan ini disebut dengan Serge de Nimes,kemudian seiring dengan transformasi Bahasa penduduk sekitar namanya berubah menjadi de nims. Meskipun bahan jenis ini sering digunakan untuk bahan baku celana jeans, akan tetapi pada perkembangannya tidak sedikit tas yang terbuat dari bahan denim, memiliki kesan maskulin dan santai.

Pertama kali diciptakan, denim hanya memiliki satu warna yaitu indigo. Tapi seiring berkembangnya zaman, dibuatlah warna-warna lain seperti hitam, abu-abu, putih khaki, dan warna-warna lainnya. Bahan denim umumnya digunakan dalam pembuatan celana, seiring berkembangnya zaman kini digunakan juga dalam pembuatan tas denim yang keren dan trendi. Selain dari ketahanannya (awet), kelebihan dari tas berbahan jeans ini yaitu mudah dibersihan dengan dicuci.

8.     Bahan Blacu untuk Tas Seminar.

Blacu pada dasarnya adalah turunan dari kain mori; yaitu kain tenun berwarna putih yang terbuat dari kapas dan biasanya dipakai sebagai bahan untuk membuat kain batik. Ada 2 jenis kain mori yaitu kain mori yang telah mengalami proses pemutihan atau bleaching dan kain mori yang belum diputihkan. Nah kain yang belum diputihkan tersebutlah yang juga disebut sebagai kain belacu. Kain mori pernah populer sebagai bahan pakaian yaitu pada era 1960–1970-an. Kini kain blacu yang harganya relatif terjangkau banyak digunakan terutama untuk goody bag acara-acara seperti seminar atau ulang tahun. Bahan blacu yang sering dijumpai berwarna putih gading (broken white) dengan serat sedikit kasar.

Demikianlah beberapa jenis bahan dasar untuk membuat tas seminar yang perlu anda ketahui, menurut Anda bahan dasar mana yang paling bagus? Jawabannya ada pada aktivitas Anda masing-masing. Maka gunakanlah tas sesuai kebutuhan Anda, misalkan menggunakan tas kantor untuk keperluan kantor tanpa memasukkan barang bawaan yang berlebihan. Jangan menggunakan tas kantor untuk keperluan traveling karena tidak sesuai dengan daya tahan tas tersebut. Bagi anda yang membutuhkan tas seminar untuk kebutuhan event anda dapat memesannya di Konveksi Tas Shoba Industri.

 


;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Branding Kit Sebagai Usaha untuk Mendatangkan Loyalitas Pelanggan


Tokoandalan.com ~ Sebelum kami membawa anda lebih jauh ke tentang tema bahasan pada artikel tentang branding kit sebagai usaha buat mendatangkan loyalitas pelanggan, kami akan menjelaskan apa itu bran read more

Bila Ada yang Bertanya Branding Dulu atau Marketing Dulu, Jawabannya?


TokoAndalan.com ~ Sebelum anda menuju pembahasan tentang pertanyaan diatas, kami ingin bertanya kepada anda. Pertanyaannya adalah apakah anda pernah mendengar kata Marketing, Selling dan Branding? Secara umu read more

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more