Pahrur Rozi Nasution – Berawal dari Prihatin Hingga Jadi Sumber Rezeki

Blog

TokoAndalan.com ~ Sejak kecil, Pahrur Rozi Nasution sudah suka dengan dunia teknologi. Tokoh Idolanya kala masih sekolah SD adalah Prof. B.J. Habibie. Beliau kagum terhadap Prof. B.J. Habibie karena kepakarannya bidang pesawat terbang. Meskipun sewaktu SDnya, belum pernah melihat yang namnya Komputer, Handphone dan bahkan laptop namun Beliau mempunyai mimpi besar untuk menjadi Agent of Cange untuk industry di Indonesia. Setelah menamatkan sekolah dasar di kampong halamannya, Fachri sapaan akrab dari Pahrur Rozi Nasution ini melanjutkan pendidikan ke MTs di kabupaten yang sama dengan kelahirannya, yakni Padang Lawas.

Cita-citanya untuk menjadi agen perubahan buat industry di Indonesia saat masuk MTspun tidak pernah surut. Hobby yang tidak pernah di tinggalkannya dari SD hingga sekarang ini adalah membaca buku. Buku apa aja selalu menarik buatnya untuk dibaca terlebih-lebih buku terkait dengan bisnis, wirausaha, Marketing pemasaran dan juga politik. Karena ketertarikannya membaca berbagai buku dari berbagai disiplin keilmuan, banyak teman-temannya sewaktu MTs yang dengan senang hati meminjamkan buku-buku yang ada dirumah mereka untuk dipinjamkan Fachri.

Memang, perlu anda ketahui bahwa Pahrur Rozi Nasution yang berasal dari  Desa kecil di ujung propinsi Sumatera Utara. Bisa dibilang bahwa sejak Fachri mempunyai ingatan, daerahnya ini menurutnya masuk sebagai daerah tertinggal. Sehingga tidak mengherankan memang bahwa hobby membaca buku dari berbagai disiplin ilmu oleh Fachri tidak serta merta segala macam buku yang di inginkan dapat dipenuhi.

Singkat cerita, saat setelah lulus MTs, Fachri kembali melanjutkan pendidikannya ke yang lebih tinggi yakni MAN. Beliau menjatuhkan pilihannya di MAN Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Sempat mengikuti proses belajar mengajar selama kurang lebih 3 bulanan di MAN Sibuhuan hingga pada akhirnya Fachri memutuskan pindah ke MAN Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu Propinsi Kalimantan Barat. Alasan terbesar Pahrur Rozi Nasution pindah sekolah adalah karena pengen belajar lebih jauh tentang computer. Ingin tahu lebih jauh seperti apa kecanggihan computer. Karena memang, meskipun Fachri sudah masuk MAN Sibuhuan dan telah mengikuti proses belajar mengajar kurang lebih 3 bulanan sama sekali belum pernah di dipegangnya computer.

Sementara di Putussibau, abangnya yang kala itu sebagai guru mempunyai computer untuk menunjang operasioal pekerjannya. Jadi Abangnya berjanji untuk mengajarinya tentang cara mengoperasionalkan computer. Memang, setelah pindah ke MAN Putussibau, tidak lama kemudian berbagai perangkat yang ada dalam computer tersebut sedikit banyak telah di ketahuinya. Sehingga, saat selesai sekolah di MAN Putussibau tersebut, Fachri ingin melanjutkan kuliah di juruan Komputer ini.

Teknik Informarika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah tempat pilihannya untuk kembali melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi. Selama menjadi mahasiswa, Fachri juga tidak banyak perubahan dalam hobby membaca. Jika dulu beliau membaca dengan hard cover, saat kuliah ini beliau lebih senang membaca ebook, karena dirasa lebih simple untuk mengoleksinya. Karena memang mengoleksi ebook tidak perlu mengalokasikan banyak space ruangan, melainkan cukup disimpan dalam smartphone, flasdisk maupun laptop.

Saat masih kuliah, beliau juga sering menuangkan ide-ide dan gagasannya dalam bentuk artikel yang di publish di media online maupun kadang-kadang dikirimkan ke redaksi surat kabar. Jika dulunya Fachri menulis ide-ide atau gagasannya lebih sering dalam bentuk kritikan, saat ini sangat jauh berbeda. Beliau lebih senang menulis ide-ide atau gagasannya untuk berbagi pengetahuan yang digelutinya. Karena menurutnya melontaran caci maki dan umpatan ke pemerintah atau instansi tidak akan bisa menyelesaikan masalah, melainkan hal yang dapat menyelesaikannya adalah dengan memberi data pembanding dan juga ide-ide yang bagusnya dilakukan.

Disaat masih kuliah itu, Fachri tidak jarang mencoba untuk mandiri. Mulai dari menerima layanan konsultasi analisis data bagi yang kesusahan untuk menuju tugas akhir, hingga jualan online berbagai produk telah di gelutinya. Sekalipun hasil yang didapatkan tidak terlalu banyak, tapi menurutnya cukup untuk mencoba menyambung hidup selama kuliah di Malang itu. Mungkin karena itu juga yang membuat hingga molor dalam menyelesaikan perkualiahan.

Setelah menamatkan Starata satu dengan gelar Sarjana Komputer. Fachri tidak serta merta melamar pekerjaan di Perusahaan bagus dengan memiliki gaji yang terjamin. Melainkan Fachri terjun langsung sebagai pengusaha. Beliau membuat website dengan nama Brand TokoAndalan untuk memasarkan produk-produknya sendiri dari Konveksi Shoba dan juga harapannya dari konveksi-konveksi Home Industry ditanah air.

Pahrur Rozi Nasution terjun kedunia konveksi karena rasa keprihatinnya terhadap dunia konveksi tas tanah air. Bagaimana tidak prihatin, jika anda seksama melihat di sekitar kita telah mendominasi tas-tas produk dari luar negeri dalam hal ini banyak dari Negara China. Sehingga pelaku UKM yang bergerak di Konveksi tas di tanah air banyak tidak kuat dengan persaingan itu dan akhirnya memutuskan berhenti sebagai pelaku home industry. Hal ini terjadi cukup banyak di sekitar Sidoarjo yang mana dulu Tanggulangin Sidoarjo propinsi Jawa Timur terkenal dengan UKM bidang tasnya, Sekarang ini banyak memilih tutup.

Inilah yang membuat Fachri merasa terpanggil untuk terjun dalam dunia usaha ini. Karena menurutnya, jika dibiarkan kita mengalah terus dalam persaiangan tas ini, bukan tidak mungkin suatu saat 100% tas yang kita pakai berasal dari luar negeri alias barang import. Fachri tidak menginginkan hal itu terjadi, sehingga beliau hingga saat ini telah lebih dari 3 tahun terjun dalam dunia perkonveksian ini.

Harapannya, website TokoAndalan ini dapat bermetamorfosis menjadi sarana pemasaran produk-produk UKM terbesar di Indonesia. Yang mana semua produk-produk yang dipasaran adalah produk dalam negeri, dengan catatan selama dalam negeri masih mampu memproduksi barang tersebut dan serta memang dipasarkan juga, maka produk itu yang dipasarkan di TokoAndalan. Jika memang produksi tersebut tidak ada di produksi dalam negeri, sementara banyak orang yang membutuhkannya, apa boleh buat, maka akan dipasarkan juga di TokoAndalan.

Itulah sedikit mimpi besar dari Pahrur Rozi Nasution dalam mengawali membuka usahanya ini. Saat ini produk yang dipasarkan di TokoAndalan masih sebatas tas, dompet, sandal kulit, sepatu, sabuk kulit, ikat pinggang, jaket kulit, serta juga binder. Dan semua produk yang dipasaran masih menggunakan system pre order. Artinya ada dulu pemesanan dari contoh barang yang masukkan kedalam website gambarnya, setelah itu baru di lakukan proses produksi. Hal ini dilakukannya untuk menekan biaya yang tinggi.

Namun, kedepannya, beliau berharap dapat memproduksi sendiri untuk dibuat stock yang dapat di pajang di display khusus produk dari Shoba Industri. Diperjalan usahanya yang telah mempunyai umur 3 tahun ini, memang banyak asam garam yang dilaluinya. Dan bahkan pernah terbesit untuk menyerah saja dalam usaha ini, karena memang gempuran produk dari luar negeri sangatlah luar biasa. Beliau berpikir, jika bukan karena rasa nasionalisme yang tinggi, mungkin sulit rasanya mampu bertahan sejauh ini.

Saat ini memang, Fachri sudah mulai merasakan hasil dari jerih payahnya selama ini. Karena para pemesan dari berbagai daerah di Nusantara ini sudah mulai berdatangan yang artinya dapat menambah pundi-pundi keuangannya. Namun, cita-citanya untuk merubah TokoAndalan menjadi sebagai market produk-produk UKM terbesar di Indonesia masih belum juga surut, karena memang menurutnya itu adalah sudah masuk dari cita-cita kecilnya yang ingin menjadi agen of change buat industry di Indonesia.

Sedikit kami ulas tentang TokoAndalan. TokoAndalan adalah grup dari Shoba Industri yang mana TokoAndalan sebagai market produk-produk yang dipasarkan oleh Shoba Industri. Di TokoAndalan ini anda dapat memesan tas seminar, tas selempang, tas jinjing, tas kulit, tas koper, tas wanita, tas pouch dan juga berbagai jenis tas lainnnya. Disini juga anda dapat memesankan untuk di produksi berbagai jenis Dompet Kulit, Dompet Wanita, dompet pesta, dompet pria dan lain sebagainya.

Selain dua hal diatas, di TokoAndalan.com juga, anda dapat memesan untuk dibuatkan sandal berbahan kulit, Sepatu Safety, Sepatu booth, sepatu kulit, sepatu kantor dan juga sepatu pantofel. Bahkan disini juga anda dapat memesankan Jaket kulit yang terbuat dari bahan kulit domba dan juga kulit sapi. Selain itu, hal yang dapat anda peroleh di Tokoandalan adalah sabuk alias ikat pinggang.

Perjalannya selama kurang lebih 3 tahun menandakan bahwa selain mampu menahan badai import dan juga pastinya dapat dipercaya oleh masyarakat untuk memesan berbagai kebutuhan terkait hal-hal yang disebutkan diatas. Memang, selama keberadaan TokoAndalan, telah melayani berbagai macam pembuatan tas seminar dari kampus-kampus Malang dan berbagai daerah lainnya serta pembuatan tas pouch kosmetik. Tidak jarang juga kami mendapatkan pesanan pembuatan tas kantor dan juga tas sekolah.

Jadi bagi anda yang sedang mencari Konveksi untuk pembuatan tas seminar anda maupun tas kantor serta berbagai macam jenis tas lainnya, TokoAndalan dapat menjadi mitra usaha anda. Saat ini kami masih bisa melayani anda sebatas online dan memang bila anda membutuhkan konsultasi terkait pembuatan tas keinginan anda, dapat menghubungi cs kami yang sedang bertugas. Bahkan, bagi anda yang ingin melakukan janji temu kebagian marketing kami dapat anda lakukan, sehingga bagian marketing kami akan mengscedule jadwal janji temu bersama anda. Kami siap datang kekantor anda untuk mendiskusikan model seperti apa sebaiknya pesanan anda tersebut. Jadi, silahkan hubungi cs kami untuk melakukan pemesanan tas, dompet, sandal, sepatu, jaket kulit, maupun ikat pinggang dan juga binder.

Sebagai penutup, Sunggung kami berharap bisa terus tumbuh dan membesar lagi bersama anda, sehingga pada akhirnya, Shoba Industri dapat menjadi panutan untuk tetap bertahan dari gempuran produk asing yang pada akhirnya dapat menjadikan Indonesia lebih berdikari lagi. Selama keberadaan kami dan Pahrur Rozi Nasution sebagai Foundernya akan terus bertahan dan membesarkan TokoAndalan ini, sehingga memang benar-benar bisa menjadi andalan belanja online masyarakat Indonesia. Sungguh kami mengharapkan doa dan dukungan anda untuk menjadikan kami lebih membesar sesuai dengan cita-cita dan juga impian kami. Dan Kami tak lupa juga berdoa semoga anda sukses dalam bidang yang anda geluti. Mari Berdaya di Negeri sendiri.

 


;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more

Apakah Facebook masih Menjadi Sarana yang baik Untuk Berdagang ?

TokoAndalan.com ~ Kami yakin, pastinya dari anda sudah mengetahui bahwa Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan read more

Panduan Pemilihan Nama Brand Bisnis

Tokoandalan.com ~ Bagi sebagian orang yang sudah menjadi pakar, untuk merancang identitas merek bisnis adalah proses yang menyenangkan dan mendatangkan imajinasi yang tinggi serta kreatifitas terbaik. Namun, tek read more