Hubungi kami 6281252251990

Senin - Sabtu 8WIB sampai 18WIB.

Membangun Ikatan Emosi Melalui Storytelling Untuk Dongkrak Penjualan

Blog

TokoAndalan.com ~ Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Datangnya emosi akibat dari reaksi terhadap seseorang atau kejadian maupun kisah. Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu. Sebenarnya segala emosi datangnya dari sistem limbik otak yang kira-kira berukuran sebesar sebuah kacang walnut dan terletak di batang otak. Orang-orang cenderung merasa bahagia ketika sistem limbik mereka secara relatif tidak aktif. Perlu anda ketahui bahwa Sistem limbik orang itu berbeda-beda. Keaktifan sistem limbik umumnya terjadi pada orang-orang yang depresi, khususnya ketika mereka memperoleh informasi negatif.

Memperlajari Ikatan emosi sebenarnya sangat bagus untuk kita. Misalnya tatkala kita sudah tau cara membangun ikatan emosi antara anak dan orang tua. Emotional bonding atau ikatan emosi antara orangtua dan anak tidak bisa muncul dengan sendirinya, tanpa ada pendekatan yang dilakukan orangtua. Akan tetapi, banyak orang belum memahami benar cara dan upaya apa saja yang bisa dilakukan demi membangun ikatan emosi dengan anak sejak dini. Tak mengherankan, karena ilmu bagaimana menjadi orang tua yang baik memang bukan ilmu pasti yang bisa Anda peroleh di bangku sekolah.

Kepada Bintang, Dra Rustika Thamrin PSi, CBT, CHt, CIPSi, psikolog di Brawijaya Women & Children Jakarta memaparkan betapa pentingnya menjalin ikatan emosi dengan anak sejak dalam kandungan dan apa saja yang harus Anda lakukan demi membangun hubungan emosi yang kuat dengan anak. Masa kehamilan adalah saat paling menakjubkan bagi ibu dan bayi. Dari sini, Anda bisa mulai membentuk sifat dasar dan kecerdasan anak Anda. Meski belum sempurna, janin bisa mendengar, merasakan, dan merespons kondisi yang terjadi di sekitarnya. Saat merasa bahagia, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon endorfin yang mengalir dalam darah dan menciptakan perasaan nyaman bagi janin. Di samping itu, ada hubungan yang sifatnya psikologis.

Adapun tips untuk membangun ikatan emosi bagi orang tua untuk anaknya yang sedang dalam kandungan adalah sebagai berikut:

1.     Lakukan obrolan secara intensif dengan janin. Ceritakan kegiatan sehari-hari Anda, beri tahu hal apa saja yang ada di sekitar Anda, dan libatkan janin Anda dalam setiap kegiatan melalui obrolan.

2.     Pelihara cara berpikir positif. Perasaan positif, gembira, dan semangat membuat alam bawah sadar janin mendapat energi positif pula. Ini akan membentuk anak menjadi anak yang ceria nantinya.

3.     Tunjukkan bahwa Anda, juga orang-orang sekeliling Anda sangat menginginkan keberadaannya.

4.     Tetap bersosialisasi dan lakukan aktivitas beragam. Bertemu dengan banyak orang, merasa bahagia berada di dekat orang-orang baru, nantinya membuat anak Anda tidak canggung berhadapan dengan orang asing.

Perlu anda ketahui bahwa ikatan emosional antara orang tua dan anak-anak dapat memengaruhi kepribadian mereka. Banyak penelitian dilakukan bahwa ketika orang tua dan anak-anak memiliki ikatan emosional yang baik, anak-anak akan tumbuh menjadi orang yang berkepribadian baik,dengan sifat-sifat seperti penuh tanggung jawab, mudah beradaptasi, penuh kasih sayang, dan menjadi anak-anak yang sehat, dan cerdas. Sebelum Anda terlambat, mulailah membangun kedekatan emosional Anda dengan anak-anak Anda mulai sekarang ketika mereka masih kecil. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena Anda sudah terlambat untuk membentuk kepribadian mereka.

Selain membangun emosi kepada antara anak dan orang tua juga tentunya yang tidak kalah penting adalah untuk membangun emosi kepada pasangan. Sesungguhnya banyak hal yang bisa kita lakukan tatkala kita bisa membangun emosi. Bahkan bagi anda sebagai pebisnis juga sangat bagus anda membangun emosi bagi mitra bisnis anda.

Nah, itulah sebenarnya inti dari artikel yang di suguhkan oleh crew Konveksi tas seminar pada kali ini. Ada banyak cara yang dapat kita sebagai pebisnis lakukan untuk membangun emosi bagi mitra usaha kita. Yang perlu anda ketahui bahwa jika kita di posisikan sebagai seorang konsumen, tentunya kita akan lebih memilih membeli sesuatu, ketika kita memiliki ikatan emosional dengan produknya.

Jadi, para entrepreneur harus bisa lebih bijak untuk memastikan strategi marketingnya untuk membangun ikatan emosional dengan target pasarnya. Seperti yang diungkap Roger Dooley di blog Neuromarketing-nya, “Melakukan kampanye produk dengan konten yang emosional menampilkan hasil lebih baik” ketika dibandingkan dengan konten rasional. Ada banyak entrepreneur yang hanya fokus untuk mendapatkan apa yang ada dibalik dompet pelangganya saja. Daripada mendapatkan hati, pikiran dan emosinal dari pelangganya. Dalam workshop yang dilakukan oleh Jesse Torres, ia menyarankan kepada pemilik bisnis kecil untuk menemukan cara agar pelanggannya tidak kabur dari mereka dengan membangun ikatan emosional dengan mereka.

Dibawah ini ada 3 tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hati para pelanggan :

1.     Prioritaskan Pelanggan.

Dalam persaingan bisnis yang terjadi pada hari ini, siapapun yang berfikir bisnisnya adalah tentang dirinya dan bukan pada pelanggannya, lebih baik segera tutup bisnis itu. Entrepreneur harus menentukan apa yang menjadi kebutuhan pelanggannya yang utama dan berikan solusinya. Seperti contoh, pemilik Konveksi Tas Kulit dari Shoba Industri, sadar bahwa banyak visitor website yang berasal dari kalangan orang kantoran. Untuk membangun ikatan emosional, si pemilik mengintruksikan kepada crew costumer servicenya untuk menyapa orang yang menghubungi melalui wa, bbm mauapun sambungan telephone dengan panggilan Ibu dan Bapak. Oleh karena itu para pelanggannya amat senang sekali, karena ada online shop yang peduli dengan panggilan yang terlihat sopan sesuai dengan posisinya sebagai orang kantoran.

2.     Bangun kedekatan, berinteraksilah dan dan dengarkan.

Cara terbaik untuk mengetahui apa yang pelanggan pikirkan tentang produk atau service kita adalah dengan bertanya. Para pemilik bisnis sering gagal untuk secara aktif mendengarkan pelanggan mereka. Dengan sering bertanya kepada mereka, bisnis kita bisa dapat tempat yang special di hari mereka. Untuk mendapatkan feedback dari para pelanggan, ada beberapa tool yang bisa membantu kita seperti Constant Contact, Survey Money dan Mail Chimp. Dengan memberikan pertanyaan, para entrepreneur akan mengetahui apa kebutuhan mereka yang sebenarnya dan bisa membuat solusinya. Mendengarkan adalah proses dari pemecehan masalah, itu juga bisa jadi salah satu cara supaya konsumen ingat kepada kita.

3.     Bangun personality perusahaan.

Pada saat berbicara di workshopnya, Jesse Torres katakana bahwa “orang berbisnis dengan orang” bukan perusahaan, brand ataupun ide. Tetapi, ada satu pengecualian kata Jesse, orang – orang juga berbisnis dengan perusahaan yang memiliki kepribadian. Satu cara untuk membangun kepribadian dan membuat ikatan emosional dengan pelanggan adalah melalui sosial media, dengan selalu update dan berbagi konten dengan mereka. Para entrepreneur harus memanfaatkan sosial media untuk membangun popularitas perusahaan mereka. Melalui sosial media juga, perusahaan kita bisa jadi lebih sekedar teman daripada hubungan bisnis saja.

Jika kita sebagai pelaku usaha online, tentunya bisa juga kita menggunakan ikatan emosi bagi pembeli dan calon pembeli kita, yaitu dengan menggunakan penambahan Storytelling. Pengertian dari Storytelling sendiri adalah sebuah teknik atau kemampuan untuk menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, event, dan juga dialog. Kalau di film, para film maker bersenjatakan kamera; di komik, para komikus bersenjatakan gambar dan angle cerita; di cerpen atau novel, para penulis bersenjatakan pena, diksi, dan permainan kata serta deskripsi, dengan menyampaikan sebuah cerita dengan cara mendongeng.

Storytelling menggunakan kemampuan penyaji untuk menyampaikan sebuah cerita dengan gaya, intonasi, dan alat bantu yang menarik minat pendengar. Storytelling sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak. Teknik ini bermanfaat melatih kemampuan mendengar secara menyenangkan.

Penggunaan story atau cerita untuk membangun merek telah dilakukan sejak dulu. Coca cola, Nike, misalnya telah melakukannya. Di era digital seperti sekarang. Storytelling menjadi semakin diperlukan. Hal ini semakin diperkuat dengan maraknya media sosial. Andai mungkin bukan karena media social. Maka cerita-cerita, satire-satire yang dibingkai dengan berbagai hashtag (tagar) tidak akan menyebar dengan begitu cepat. Dan hmmm... Anda tentu tahu hashtag apa yang paling ramai dibicarakan di media social Indonesia hingga hari ini.

Orang yang ingin menyampaikan storytelling harus mempunyai kemampuan public speaking yang baik, memahami karakter pendengar, meniru suara-suara, pintar mengatur nada dan intonasi serta keterampilan memakai alat bantu. Dikatakan berhasil menggunakan teknik storytelling, jika pendengar mampu menangkap jalan cerita serta merasa terhibur. Selain itu, pesan moral dalam cerita juga diperoleh. Dikatakan berhasil saat pendengar mampu menangkap jalan cerita serta merasa terhibur. Selain itu, pesan moral dalam cerita juga diperoleh.

Bagi seorang copywriter, kemampuan untuk mendongeng (storytelling) adalah keharusan untuk dimiliki. Mereka harus membuat copywriting atau promosi yang alami yang di bingkai dalam cerita menarik. Dengan memberikan sentuhan storytelling maka narasi yang disampaikan akan menghidupkan kata dan pesan yang disampaikan dalam copywriting mudah dimengerti pembaca. Namun banyak copywriter yang mengalami kesulitan ketika mereka harus menuliskan sebuah storytelling karena harus mempromosikan sebuah brand.

Kesulitan ini biasanya dikarenakan banyaknya brand sejenis didalam pasaran dan mereka harus membuat yang menonjol diantara brand sejenis lainnya. Copywriter harus mempresentasikan nilai-nilai brand, visi perusahaan bahkan karakter nada suara storytelling. Dengan membuat storytelling yang bagus tentunya akan meningkatkan reputasi brand dan juga menyegarkan ingatan masyarakat tentang brand tersebut. Di dalam dunia digital storytelling sering didefinisikan secara berbeda dan sering di kaitkan dengan pemasaran konten atau cerita yang akan disampaikan kepada pelanggan. Storytelling untuk brand biasanya diambil berdasarkan sejarah perusahaan dan misi-misi perusahaan tersebut. Dengan kata lain storytelling ini mempresentasikan karakter brand lewat cerita.

Walau demikian didalam membuat storytelling harus tetap memperhatiakn karakter pembaca, pintar mengatur intonasi dalam kata. Jika pembaca dapat memahami cerita atau storytelling yang disampaikan dan terhibut maka teknik storytelling anda berhasil. Storytelling adalah sebuah konsep bagi pemasar untuk menjadi berbeda dengan kompetitor. Dalam hal ini pemasar akan mencoba menawarkan potensi dengan cara menghipnotis pembaca mereka. Oleh sebab itu pada saat ini Storytelling telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran.

Manfaat storytelling untuk usaha online kita secara umum adalah :

1.     Storytelling yang baik dapat menarik perhatian pembaca. Dengan membingkai promosi dengan cerita yang menarik tentunya akan menjadi faktor ketertarikan pembaca untuk memperhatikan copywriting anda.

2.     Storytelling membuat pesan anda mudah di ingat bagi pembaca. Membungkus copywriting tentunya akan mudah di ingat oleh pembacanya apalagi storytelling yang dibuat memang menarik.

3.     Manfaat lain dari storytelling adalah pesan yang ingin anda sampaikan akan lebih mudah untuk difahami oleh pembaca. Tentunya ini akan sangat efektif jika diterapkan didalam iklan anda.

Setelah anda mengetahui tentang pengertian storytelling dan juga beberapa manfaatnya maka sekarang kita akan membahas tentang beberapa teknik cara mebuat story teling. Cara membuat storytelling yang bagus maka kebanyakan copywriter menggunakan teknik storytelling paling populer yaitu:

1.     Monomyth

Monomyth adalah cara membuat storytelling dengan menggunakan kisah perjalanan pahlawan. Struktur stroytelling ini dipopulerkan oleh Joseph Campbell. Di dalam Monomyth biasanya pahlawan akan meninggalkan tempat asal lalu melakukan perjalanan sulit untuk mencapai sebuah tujuan. Kemudian pahlawan akan kembali ke tempat asal setelah berhasil dengan memperoleh tujuan mereka seperti pengetahuan atau keterampilan yang bermanfaat bagi orang banyak. Teknik storytelling ini sangat relevan digunakan untuk membuat konten yang menginspirasi dengan menceritakan pengalaman seseorang dari awal hingga berhasil.

2.     Sparklines

Teknik Sparkline adalah teknik storyteling dengan menceritakan perbedaan antara yang terjadi, harapan yang di inginkan dan langkah yang seharusnya dilakukan. Sebelum membuat storytelling dengan teknik Sparkline biasanya copywriter akan melakukan pemetaan struktur cerita dengan kehidupan yang nyata. Dengan menuliskan permasalahan yang dialami dalam kehidupan nyata tentunya ini akan menarik perhatian pembaca. kemudian anda sebagai copywriter harus dapat menuangkan harapan mereka serta langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Teknik storytelling ini sangat baik untuk mempengaruhi pembaca secara emosional dan mengajak pembaca untuk mengikuti solusi dari anda.

3.     Start false

Teknik Start false adalah teknik bercerita dengan cara memulai dengan cerita tentang kegagalan kemudian dari kegagalan tersebut anda menemukan solusi yang inovatif untuk mengatasi dan memecahkan permasalahannya. Start false sering digunakan untuk membuat storytelling yang menceritakan pengalaman kegagalan anda dan menjelaskan cara-cara anda menemukan solusi dan mengatasi kegagalan tersebut. Teknik storytelling tersebut dapat digunakan anda untuk membantu membuat storytelling yang menarik. Namun yang harus menjadi memperhatikan relevansi antara storytelling dengan brand yang ingin di presentasikan.

Perlu anda ketahui bahwa sesungguhnya membuat storytelling yang menarik bukanlah hal yang mudah karena kita tidak hanya dituntut untuk membuat storytelling yang baik tapi juga harus mampu menarik perhatian.

Storytelling tersebut juga harus mampu menjadi jembatan komunikasi antara brand dengan pembacanya.

Beberapa cara mebuat storytelling yang menarik perhatian

1.         Menentukan tujuan dan target konsumen

2.         Membuat struktur cerita yang menarik

3.         Storytelling yang dibuat mencerminkan permasalahan pembaca

4.         Melengkapi dengan gambar atau video untuk mendukung cerita

5.         Menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami

Dengan mengikuti cara storytelling diatas maka anda akan lebih mudah dalam menuliskan sebuah storytelling yang dapat menarik perhatian. Sebagai penutup adalah bawah Storytelling selalu menarik karena sebuah cerita sangat mungkin untuk menciptakan emosi (sedih, marah, bahagia dll). Bagi brand, story atau cerita yang digali adalah cerita yang menimbulkan ikatan emosi antara produk dengan konsumen. Keterhubungan emosi yang kuat akan menciptakan loyalitas. Sudahkan bisnis anda menggunakan  Ikatan Emosi Storytelling Saat ini? Selamat Mencoba.

 


Comments

;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more

Apakah Facebook masih Menjadi Sarana yang baik Untuk Berdagang?

TokoAndalan.com ~ Kami yakin, pastinya dari anda sudah mengetahui bahwa Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan read more

Panduan Pemilihan Nama Brand Bisnis

Tokoandalan.com ~ Bagi sebagian orang yang sudah menjadi pakar, untuk merancang identitas merek bisnis adalah proses yang menyenangkan dan mendatangkan imajinasi yang tinggi serta kreatifitas terbaik. Namun, tek read more