Hubungi kami 6281252251990

Senin - Sabtu 8WIB sampai 18WIB.

Kunci Utama Sukses Berbisnis di Jaman Now

Blog

TokoAndalan.com ~ Istilah jaman now sekarang ini sangat populer di telinga kita. Tidak tahu siapa orang pertama kali yang mencetuskan istilah jaman now tersebut. Namun yang pasti, baik di Televisi, Media online, Warung kopi, pasar hingga orang-orang disekitar kita sering mengucapkan jaman now. Bahkan, dari kata jaman now sering ditambahin kata-katanya seperti kids jaman now, BBM jaman now, pendidikan jaman now dan sekarang kami membuat artikel buat anda dengan judul “Kunci Utama Sukses Berbisnis di Jaman Now”.

Belajar berbinis dijaman now tidak sesulit jaman old alias jaman dulu. Penyebabnya mulai dari coach yang masih sulit kita temukan dalam berbagi ilmunya dijaman dulu jika dibandingkan dijaman sekarang. Modal berbisnis dijaman sekarang juga bisa kita tekan seminim mungkin bahkan nyaris tanpa modal, beda halnnya jika jaman dulu bahwa jika orang lain ingin membuka usaha maka dipastikan modalnya sudah ada. Disisi lain, sekalipun ilmu berbinis jauh lebih gampang kita dapatkan jika kita bandingkan saat jaman dulu bukan berarti tantangan berbinis dijaman sekarang lebih minim juga. Melainkan bahwa setiap anda yang baru membuka bisnis sekarang ini, dipastikan bahwa persaingan anda sangatlah banyak. Hal itulah imbas dari gampangnya kita dapatkan coach dan ilmu pengetahuan seputar bisnis dijaman sekarang ini.

Kunci utama sukses berbisnis di jaman now ini adalah jangan mudah BAPER. Hal ini perlu betul-betul anda ingat dan terapkan dalam pribadi anda dan juga tiem anda. Apalagi bisnis yang anda jalankan menggunakan pemasaran digital, baik itu media social, website dan ikut platform ecommerce yang cukup terkenal sekarang ini. Karena perlu anda ketahui bahwa pebisnis yang mencari client / pembeli via website, media social dan bahan platform ecommerce cibiran, nyinyiran, umpatan dari banyak orang adalah menu yang kita dapatkan sehari-hari. Maka sikap cuek dan tidak BAPER sangat diperlukan untuk memenangkan hal buruk tersebut.

Hal ini kami sampaikan bukan tanpa sebab dan sok bijak. Melainkan alasan memberikan wejangan begini dari kami TokoAndalan.com tidak jarang mendapatkan nyinyiran dan cibiran oleh banyak orang. Termasuk diantaranya saat founder Shoba Industri “Ngajarin orang, dikatain sotoy lah...”, “Sharing tiap hari, disangka modus lah...”, “Bangun bisnis banyak, dikira rakus lah...”, “Jualan affiliate, dicap ngelacur diri lah..”, “Ngadain event gratisan, dicurigain abis lah...”, “Buat event berbayar, dituduh jual ilmu lah...” dan lain sebagainya.

Mungkin disini bisa kita andaikan fenonena gunung es. Seperti yang Anda tahu, yang muncul ke permukaan cuma dikit. Bener gak? Dan itulah yang terlihat oleh mata telanjang. Sementara bagian bawahnya, sangat besar. Dan itu tidak terlihat di permukaan. Kebayang? Begitu pula dengan apa yang sedang kita lakukan dan perjuangkan sekarang yang orang lihat adalah kita jualan, mereka gak lihat apa niat kita di belakangnya. Orang lihat adalah kita bisnis, mereka gak lihat apa niat kita di belakangnya. Kita jualan gila-gilaan, karena pengen terbebas dari riba, itu yang mereka gak lihat. Kita bisnis siang dan malam karena pengen bermanfaat buat banyak orang, itu yang mereka gak lihat. Sekali lagi, yang mereka lihat adalah sesuatu yang nampak di permukaan, yakni uang. Sementara mereka tidak bisa melihat sesuatu yang ada di bawahnya. Apa itu? NIAT TERSELUBUNG kita.

Bahkan jika lebih jauh lagi kita istilahkan bahwa mereka gak mengerti sanad berpikir kita. Kalau jualannya rajin, maka uangnya bisa banyak. Kalau uangnya banyak, kan sedekahnya bisa banyak. Kalau sedekahnya banyak, kan ibadahnya bisa totalitas. Kalau ibadahnya totalitas, kan Allah makin sayang. Kalau Allah udah sayang, Allah akan ridho. Kalau Allah udah ridho, itulah kebahagaian terbesar hidup kita. Bonusnya adalah surga. Bukankah demikian yang kita inginkan? Ya, dalam melakukan sesuatu, niatnya harus lurus, bener, besar, dan luas. Harus sampe ke Allah.

Nah, niat terselubung itu, mereka (tukang nyinyir) gak akan tahu. Lagian, ngapain juga ngasih tahu. Cukup Allah saja yang tahu. Minta sama Allah agar dikuatkan dan bisa istiqomah dalam kebaikan. Ingat, mereka gak tahu dan gak bisa ngelihat sesuatu di bawah permukaan, yakni niat kita. Maka, selain jangan baperan, penting buat kita untuk senantiasa menjaga niat ini agar tetap lurus, bener, besar, dan luas. Kalau udah gini ceritanya, cibiran orang emang gue pikirin. Gampangnya, saya ngelakuin ini bukan untuk lo!

Dan pesan untuk kita semua, jangan juga terjebak dalam aktivitas nyinyir-menyinyir ini, apalagi sampai menghardik dan mengecap orang lain salah. Ingat, dosa kita banyak. Banyakin istighfar aja. Coba pindahin waktu nyinyirnya ke sesuatu yang positif. Jangan merasa paling mulia. Bisa jadi orang yang kita nyinyir itu ibadahnya lebih taat ketimbang kita. Dan bisa jadi orang yang kita nyinyir itu kedudukannya di sisi Allah lebih mulia dibandingkan kita.

Jika anda sudah mampu menguasai ilmu yang founder Konveksi Tas Malang tekankan kepada crewnya, selanjutnya yang perlu anda perhatikan jika ingin sukses berbisnis dijaman now adalah memulai usaha dengan membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya. Hal ini tentu saja memerlukan perencanaan yang baik dan keterampilan organisasi. Memiliki rencana bisnis yang terperinci dan menyeluruh memang sangat penting demi mengembangkan bisnis yang sedang dirintis. Sebagai pengusaha, Anda pun harus punya gairah untuk tujuan bisnis Anda. Berikut tips membangun bisnis Anda menjadi sukses dan besar dikutip oleh konveksi tas seminar dari Groundreport:

1.     Manajemen Diri

Bila Anda dapat mémanage diri Anda di waktu tahap awal, maka Anda pun akan bisa memperoleh tiket kemudahan menuju sukses. Organisir diri Anda sendiri, karena ini akan membantu saat menghadapi masalah di tempat kerja. Sebaiknya biasakanlah membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan dan cek daftar yang Anda tulis, periksa apa saja yang sudah Anda kerjakan. Misalnya bagi anda seorang pelaku konveksi tas pesta dan sedang ada pesanan dari client anda yang harus selesai dalam satu minggu. Belum selesai pesanan tas pesta yang dipesan keanda sudah ada lagi pesanan tas seminar. Maka diliat dari studi case tersebut sudah sangat selayaknyalah pesanan tas pesta yang pertama kalian kerjakan walaupun bisa jadi keuntungan dari pembuatan tas seminar lebih besar untuk anda jika dilihat dari segi profitnya. Dengan cara ini akan mudah mengelola pekerjaan Anda setiap harinya.

 

2.     Mencatat Semua Masalah yang Ada

Menyimpan catatan rinci setiap masalah seperti kesalahan saat transaksi, maka akan membantu Anda mengetahui bagaimana kondisi finansial dan apa potensi serta tantangan yang akan dihadapi. Dari hal ini akan berkembang strategi bisnis yang bisa membantu mengatasi tantangan tersebut dan memberikan arah yang tepat untuk usaha Anda. Misalnya saja anda sebagai pelaku pengrajin tas koper, dan ada orang yang memesan tas koper sebanyaak 100 biji dengan DP 50%. Nah, sebaiknya DP 50% yang sudah disetorkan keanda dicatat di buku besar perusahaan anda. Supaya saat dalam pelunasan dan ada komplin dari client anda, anda sudah punya data akurat. Karena perlu anda ketahui bahwa kita sebagai pengrajin tas pesanan dalam satu bulan ini tidak hanya datang dari satu orang saja, malainkan bisa saja datang banyak orang yang memesan berbagai macam tas. Jadi, jika kita tidak mengarsipkan masalah-masalah yang berdatangan, kemungkinan besar kita akan kembali dan selalu jatuh kelobang yang sama.

 

3.     Perbaiki kesalahan

Saat masalah bisa dihadapi, jadikan itu sebagai pelajaran terbaik. Perbaiki kesalahan yang pernah terjadi. Satu hal lagi, jadilah unik, sebisa mungkin jangan meniru atau ikut-ikutan model bisnis dari orang lain, carilah sesuatu yang sangat berbeda. Karena dengan berbeda dari yang lain, maka Anda pun akan punya gaya sendiri dalam menyelesaikan permasalahan.

Jika tahapan diatas sudah anda kuasai dan perhatikan, untuk mempertahan diri anda sebagai pengusaha yang sukses perlu juga anda sering-sering memperhatikan competitor anda dengan cara:

1.     Ukur kompetisi

Cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari pesaing Anda. Dalam rangka menghadapi pesaing, belajarlah untuk mengambil risiko yang telah diperhitungkan. Hal ini dapat membantu usaha Anda tumbuh, bahkan dari kondisi paling buruk sekalipun, sehingga Anda pun akan mendapat beberapa pelajaran berharga. Dunia bisnis adalah dunia yang sarat akan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan, cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari pesaing Anda. Jangan malu mengakui keunggulan pesaing Anda, tetapi juga jangan mau kalah. Belajarlah dari keunggulan pesaing Anda, sikapi dengan positif dan cari cara bagaimana Anda bisa menjadi lebih unggul.

 

2.     Jalankan bisnis yang Anda sukai dan Kuasai

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Dengan begitu, Anda dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen. Bicara bisnis tentu bicara keuntungan. Ada kalanya hal yang Anda sukai kurang menguntungkan, baiknya Anda kesampingkan dulu hal yang Anda sukai dan fokus kepada yang Anda kuasai. Pahami potensi Anda, lalu terapkan ke dalam fokus bisnis Anda.

 

3.     Tetap focus

Kebanyakan orang biasanya meninggalkan usaha saat sudah setengah jalan karena alasan mengalami kerugian. Hal ini akan berkesan bahwa Anda hanya menjalani bisnis dengan setengah hati. Sebaiknya catatlah sesuatu hal yang bisa menghalangi fokus Anda, bahkan jika Anda menemukan kesulitan untuk membuat usaha Anda menguntungkan. Jangan juga terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Achmad Zaky, CEO Bukalapak, bercerita dirinya sempat merasakan kegagalan membangun bisnis karena tidak fokus. Tetapi, ketika ia memutuskan fokus pada Bukalapak, semuanya menjadi lebih baik. Sandiaga Uno, pengusaha muda yang sekarang ini sudah menjadi wakil gubernur DKI Jakarta, dalam forum KTT APEC 2013, mengaku pernah 20 kali gagal dalam berbisnis, tetapi ia bangkit lagi. Menurut Sandi, kunci sukses adalah jangan takut dan pantang menyerah.

Dari semua diatas yang telah kami sampaikan adalah kunci utama sukses berbisnis dijaman now. Memang mudah, karena gampangnya informasi yang kita dapatkan sekarang ini, menjadikan resep-resep kita dalam bernisnis tersebut juga gampang orang ATM alias Amati, Tiru dan Modifikasi. Jika Anda berbisnis di barang-barang kreatif, kemungkinan besar bisnis tersebut bisa ditiru orang lain. Karenanya Anda harus cukup kuat untuk mempertahankannya. Salah satu rencana yang baik adalah mengikuti sistem 'inovasi yang berkelanjutan', karena dengan cara inilah peniru Anda tidak bisa mengejar inovasi yang Anda ciptakan.

Anda tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan uang tunai. Jadi bijaksanalah dengan segala pengeluaran dan simpan juga beberapa uang cadangan untuk hal-hal tak terduga, karena kondisi dan nasib buruk bisa saja datang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu! Untuk menciptakan sebuah bisnis yang sukses, Anda sebenarnya tidak harus benar-benar terlibat langsung dengan usaha tersebut, tetapi akan lebih baik jika memiliki inovasi yang berkelanjutan sambil tetap menyadari persaingan bisnis yang ada di sekitar Anda. Selamat berbinis semoga sukses!


Comments

;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Usaha Dompet yang Tidak Akan Pernah Berakhir

TokoAndalan.com ~ Memang banyak orang bilang bahwa memulai sebuah usaha tidak selalu harus memiliki modal yang besar. Dan saat ini cukup banyak model usaha yang bermunculan dengan modal awal bervariasi. Bahkan read more

Akankah Bisnis Usaha Konveksi Tas Seminar Bisa Mati?

TokoAndalan.com ~ Umumnya, bila kita perhatikan bahwa kebanyakan konveksi biasanya mengkhususkan diri dalam hal produksi, ada konveksi kaos, konveksi kemeja, konveksi seragam, konveksi jaket, read more

Ledakkan Income Bisnis Anda melalui Video Marketing

TokoAndalan.com ~ Memang belakangan ini ketika mengunjungi YouTube dan main-main di media sosial, sering kita temui promo atau kampanye berbentuk video yang bermacam-macam metode variasi. Jika dicermati read more

Toko Grosir Tas Kulit Terbaik di Indonesia