Hubungi kami 6281252251990

Senin - Sabtu 8WIB sampai 18WIB.

Apakah Facebook masih Menjadi Sarana yang baik Untuk Berdagang?

Blog

TokoAndalan.com ~ Kami yakin, pastinya dari anda sudah mengetahui bahwa Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Sejak September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Maka dari itu, kita tidak bisa memungkiri, bahwa facebook merupakan senjata pemasaran yang ampuh untuk memasarkan produk, karena banyaknya yang menggunakan media sosial yang satu ini. Terutama di indonesia pada tahun 2014 saja, pengguna facebook di indonesia terhitung 60.3 juta, dari jumlah tersebut juga yang mengantarkan penduduk Indonesia ditempatkan sebagai no.4 terbanyak terbesar di Dunia.

Berangkat dari data tersebut, maka tentu ini merupakan sebuah peluang yang sangat bagus untuk para pebisnis untuk memasarkan dan menjualkan produknya di facebook jika memang bisa memanfaatkannya secara maksimal, Sebab dengan pangsa pasar sebesar itu, yakni lebih dari 60 juta jiwa penduduk Indonesia telah menggunakan jejaring facebook tentulah merupakan hal yang sangat mudah untuk menjual suatu barang ataupun jasa.

Terlebih ditahun di tahun 2014 lalu, Facebook telah melakukan banyak perubahan terhadap platform mereka. Salah satunya adalah adanya edgerank. Dengan kehadiran edgerank ini, jangkauan posting di halaman Facebook kian hari semakin mengecil. Misal di halaman Anda ada 10.000 fans. Nah, ketika Anda memublikasikan sebuah posting di halaman tersebut, posting Anda tadi tidak akan langsung terbaca oleh 10.000 fans. Melainkan, posting Anda hanya mampu menjangkau sekitar 500 orang (5 % dari total fans). Ini, artinya, bahwa meski terjadinya perubahan pada platform facebook masih tetap ada peluang yang cukup besar untuk mendapatkan konversi dari hasil produk yang kita pasarkan di facebook.

Perlu diketahui yang berjualan online di sosial media seperti instagram, google+, fb dan twitter itu sudah sangat banyak sekali yang melakukannya hingga saat ini. Jadi, kunci dari keberhasilannya adalah adanya kemampuan anda di dalam menentukan produk/jasa yang cocok untuk dijual cukup menentukan keberhasilan anda dalam menjual jasa secara online. Jika produk/jasa yang anda jual itu-itu saja dan kurang menarik, maka wajar apabila anda akan kesulitan di dalam memasarkan jasa yang akan anda jual. Berangkat dari itu juga maka dapat disimpulkan hingga saat ini, facebook masih menjadi sarana yang baik untuk berdagang dalam arti menawarkan ke konsumen dan mencari konsumennya yang lain. Perlu anda ketahui bahwa, saat kita menggunakan facebook untuk berjualan, terdapat dua cara yang dapat kita lakukan dalam berjualan yakni cara gratis dan juga yang berbayar.

Berjualan di Facebook dengan Cara Gratis

di facebook anda juga bisa melakukan promosi terkait dagangan yang anda jualkan dengan cara gratis alias tidak berbayar. Caranya adalah dengan menambahkan pertemanan sebanyak mungkin dengan menggunakan tombol cari teman. Perlu anda ketahui bahwa memang sudah kita ketahui secara yang paling umum untuk kita memperbanyak pertemanan di facebook adalah dengan menggunakan tombol cari teman yang sudah di sediakan oleh pihak facebook itu sendiri. Hanya saja, dalam menggunakan fasilitas tersebut kita perlu berhati-hati karena ada batas pertemanan yang boleh kita add dalam satu hari, dimana kalau kita langgar maka kita akan mendapatkan peringatan dan bahkan bisa berakibat akun facebook kita akan di nonaktifkan. Maka dari itu jangan terlalu terburu-buru untuk add pertemanan dalam 1 harinya, jika sudah mendapatkan peringatan, berhenti dan lanjutkan esok harinya lagi.

Hal selanjutnya yang dapat anda lakukan saat menggunakan fasiltas berjualan dengan menggunakan facebook secara gratis adalah dengan cara bergabung di group-group yang aktif yang tersedia di facebook itu sendiri. Bergabung di group-group facebook yang aktif juga bisa kita gunakan untuk menambah pertemanan kita dengan cara aktif di group tersebut. Disarankan juga bagi anda untuk terlibat secara aktif dalam diskusi-diskusi yang terdapat dalam grup hingga pada akhirnya orang mengenal anda dan sudah terjadi trush ke produk yang anda jualkan. Sebab baik itu sekedar memberikan komentar ataupun melakukan tanya jawab dengan member di sana, maka setelah kita cukup di kenal, dengan sendirinya akan banyak yang meminta pertemanan dengan kita dan pastinya peluang untuk mendapatkan order terkait dagangan kita akan semakin besar.

Berdagang di Facebook dengan Cara Berbayar

Yang dimaksud dengan berdagang di facebook dengan cara berbayar adalah dengan cara menggunakan facebook ads. Hal ini dapat kita lakukan tatkala kita ingin cepat meningkatkan jumlah pertemanan ataupun follower di facebook, maka promosi menggunakan facebook ads adalah salah satu pilihan yang tepat. Namun, perlu anda ketahui bahwa cara ini tidak gratis, jadi kita harus menyiapkan buget tersendiri untuk melakukan promosi menggunakan facebook ads yang fiturnya telah tersedia di facebook itu sendiri.

Selain dengan facebook ads yang mana biayanya kita bayarkan ke pihak facebook, dapat juga kita gunakan Jasa Menanambah Pertemanan Di Facebook, yang mana jasa ini di sediakan oleh pihak ketiga. Memang selain facebook ads kita bisa juga menggunakan jasa dari orang lain untuk menambah pertemanan di facebook. Caranya adalah anda cari orang lain yang sanggup memberikan follower kepada aku facebook anda sesuai dengan limit yang anda butuhkan dan dibayar ke pihak ketiga tersebut sesuai dengan kesepakatan anda jika pengerjaaan penambahan follower sudah selesai.

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting tatkala kita akan mencoba berdagang di facebook adalah harus kita pikirkan sedari awal untuk membuat Posting produk secara rutin di facebook. Karena hal ini perlu untuk kita melakukan posting atau promosi produk secara rutin di wall ataupun group-group facebook yang sesuai dengan produk yang kita jual. Yang perlu perhatikan di dalam mempromosikan produk yang kita jual adalah jangan sampai menggunakan cara-cara spam yang tidak di sukai oleh pengguna facebook. Misalnya saja seperti promosi di kolom komentar, di dinding facebook orang lain, ataupun promosi dengan melakukan tag secara berlebihan. Jangan lakukan itu semua, karena gak ada gunanya yang ada kita bakalan mendapatkan cap yang jelek dari teman-teman kita di facebook ataupun orang-orang yang ada di komunitas dimana anda tadi melakukan promosi dagangan yang anda pasarkan.

Dalam memposting dan berpomosi di facebook secara konsisten dan terjadwa, perlu juga kiranya anda membuat postingan kreatif yang dapat mengundang perhatian orang lain supaya lebih banyak melihat produk anda, dan pada akhirnya peluang closing akan semakin tinggi untuk produk yang anda pasarkan. Yang kami maksudkan di sini adalah membuat postingan produk dengan cara kreatif, jadi tidak kita tampilkan dengan gambar yang itu-itu saja. kita bisa berkreasi dengan cara membuat postingan yang lucu-lucu ataupun yang sedang trends untuk menarik interaksi dengan teman-teman kita di facebook. Karena pada dasarnya orang lain tidak akan suka jika di suruh membeli ataupun di tawarkan sesuatu dari orang yang belum mereka kenal. Dengan sering adanya interaksi dengan teman-teman kita di facebook maka kita akan lebih mudah ketika hendak menawarkan produk yang akan kita jual.

Dalam berjualan di facebook, anda juga di rekomendasikan untuk membuat Fanspage atau group facebook khusus yang menjadi citra atau brand dari produk maupun dari usaha dagangan anda. Sebab menggunakan akun facebook pribadi kita saja tidaklah cukup, akan lebih baik kalau kita membuat fanspage atau group khusus untuk mempersentasikan produk yang kita jual. Sehingga kita bisa lebih mudah mengelola produk-produk yang kita tawarkan dalam suatu wadah. Dengan membuat fanspage atau group facebook khusus, kita juga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan banyak pelanggan sekaligus. Untuk membuat fanspage di facebook silahkan sobat baca artikel saya yang lainnya Cara membuat fanspage di facebook.

Setelah Anda berhasil membuat sebuah halaman di Facebook maka langkah berikutnya adalah Anda perlu memperbanyak like di halaman tersebut. Ibaratkan halaman Anda sebagai sebuah saluran promosi. Ketika orang-orang tidak tahu tentang saluran promosi Anda, maka bisa jadi tidak ada orang yang melihat promosi Anda. Tidak ada orang yang melihat promosi Anda berarti tidak akan ada yang tahu tentang produk Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu membangun audiens di halaman Facebook. Orang-orang harus menyukai halaman Anda agar mereka bisa melihat posting/promosi yang Anda bagikan di halaman Facebook. Singkatnya, Anda perlu memperbanyak fans (likers) di halaman Facebook Anda.

Sekali lagi, hal yang perlu anda perhatikan adalah untuk selalu mepersiapkan Picture atau Foto Produk yang mempunyai kualitas baik yang dapat mengundang orang lain untuk membeli produk anda. Tingkat Kualitas dari Foto Produk atau Picture yang kita pakai untuk berjualan secara online di faceboo adalah bersifat wajib dan harus sangat kita perhatikan, karena Foto Produk atau Gambar itu merepresentasikan semua produk yang akan kita jual. Sebab, sebagus  apapun barang yang akan kita jual, jika Foto Produk atau Gambar jelek maka akan memberikan kesan jelek di mata customer kita. Untuk itu pastikan Picture atau Foto Produk yang anda gunakan memiliki kualitas tinggi, sehingga bisa membuat kesan yang baik bagi para customer.

Demikian beberapa langkah untuk berjulan online melalui facebook agar dagangan kita cepat laris dan laku di facebook. semoga bisa membantu dan bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan buat sahabat semua. Berangkat dari semua yang telah kami, sampaikan memang berjualan di facebook masih sangat potensial kita lakukan untuk mendulang keuntungan dari hasil jualan kita. Akhirnya jika ada yang bertanya bahwa apakah facebook masih menjadi sarana yang baik untuk berdagang? Maka jawabannya menurut kami masih sangat potensial. Tinggal kita milih yang mana metode yang kita lakukan untuk berjualan di facebook, apakah berjualan dengan memanfaatkan firur gratis yang tersedia, ataukah dengan cara menggunakan fitur ads facebook yang terdapat secara resmi dalam perusahaan facebook itu sendiri. Selain dari cara itu juga, masih ada satu cara lagi yakni, dengan menggunakan jasa pihak ketiga untuk menambahkan follower facebook kita. Selamat mencoba cara ini, dan semoga sukses untuk anda!

 

 


Comments

;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more

Apakah Facebook masih Menjadi Sarana yang baik Untuk Berdagang?

TokoAndalan.com ~ Kami yakin, pastinya dari anda sudah mengetahui bahwa Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan read more

Panduan Pemilihan Nama Brand Bisnis

Tokoandalan.com ~ Bagi sebagian orang yang sudah menjadi pakar, untuk merancang identitas merek bisnis adalah proses yang menyenangkan dan mendatangkan imajinasi yang tinggi serta kreatifitas terbaik. Namun, tek read more