Hubungi kami 6281252251990

Senin - Sabtu 8WIB sampai 18WIB.

Apakah Bisa Menjadikan Merek Lokal Menjadi Top Brand ?

Blog

TokoAndalan.com ~ Saat memulai bisnis banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan termasuk salah satunya membangun brand anda. Membangun brand bisa amat mahal dan membutuhkan investasi besar namun anda bisa mencoba berbagai alternatif lain untuk membangun brand dengan modal kecil. Sebuah brand yang dikenali dan dicintai adalah salah satu aset yang paling berharga yang perusahaan bisa miliki. Menurut Product New Survey Inovasi Global Nielson, 59% konsumen lebih memilih untuk membeli produk baru yang dibuat oleh brand yang tidak asing lagi bagi mereka. Sebagai usaha kecil, anda mungkin harus bersaing dengan brand besar untuk mencari pelanggan setia.

Itu sebabnya anda harus menemukan cara untuk membedakan perusahaan anda dengan memiliki strategi pembangunan brand yang kuat. Misalnya saja, sebelum tahun 2015, TokoAndalan saat kita search di google, maka yang muncul adalah berkaitan dengan obat kuat, penambah stamina dan hal-hal berbau dewasa lainnya. Namun, setelah Shoba Industri berdiri dengan menggunakan TokoAndalan.com sebagai website sarana pemasaran utamanya. Image tersebut kami ubah menjadi identik sebagai konveksi tas seminar, konveksi tas kulit, konveksi dompet pesta dan juga tentunya sebagai Shoba Industri itu sendiri saat kita mengetik kata TokoAndalan di google.

Perlu anda ketahui bahwa sesungguhnya brand jauh lebih dari sekedar logo keren atau ditempatkan dengan baik di satu iklan. Anda perlu melakukan lebih dari itu. Karena anda perlu ingat bahwa: "Brand didefinisikan dari keseluruhan persepsi customer terhadap kita". Sebuah brand yang sukses harus konsisten dalam berkomunikasi dan memberi pengalaman terbaik, yang bisa terdiri dari:

•           Lingkungan (toko atau kantor).

•           Cetakan & kemasan.

•           Website & Iklan online.

•           Sosial media & pemasaran konten.

•           Penjualan & customer service.

Apakah membangun brand merupakan sesuatu yang mudah? Jawabanya tentu saja tidak. Sebab sehebat atau seberapa berpengalaman pun satu pemasar membangun brand tidak bisa terjadi dalam semalam atau bahkan dalam beberapa bulan. Membangun brand adalah sebuah proses yang sulit dilakukan. Tapi, kesuksesan dalam membangun brand ini bisa menghasilkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan anda. Hal ini pada umumnya akan ada peningkatan penjualan, mendapatkan lebih banyak proyek, rekomendasi mulut ke mulut, dan advokasi gratis untuk produk yang anda tawarkan.

Mungkin banyak yang mengira bahwa produk LEA, merek celana jeans dengan model bule dan terkesan kebarat-baratan, itu adalah merek luar negeri. Aslinya LEA adalah produk Indonesia yang sudah mendunia dengan kwalitas yang bersaing dengan merek jeans terkenal di dunia. Bukan cuma LEA. J.co donuts, Polygon, Hokben, Essenza keramik, Polytron, Edward Forrer, Terry Palmer (handuk berbahan katun yang diproduksi di Tangerang) adalah sederet produk lokal asli Indonesia yang yang menjadi top brand sampai ke luar negeri. Brand-brand yang kami sebutkan di atas adalah brand-brand yang telah mampu masuk dan menembus ke otak atau benak konsumen sehingga menjadi top brand dan menjadi first choise.

.Menurut pakar dan praktisi Brand Indonesia Pak Bi yang sudah 48 tahun berkecimpung didalamnya mengatakan bahwa BRAND adalah ikatan emosi antara produk dengan konsumen. Maka bisa dipastikan bahwa brand-brand yang kami sebutkan tadi adalah brand yang bukan hanya menyodorkan manfaat fungsional atau manfaat fisik kepada konsumennya. Tetapi lebih dari itu mereka menyodorkan manfaat emosional. Manfaat emosional itu adalah sesuatu yang menyentuh need seseorang akan aktualisasi diri, gengsi dan lifestylenya. "Kalau saya memakai atau membeli produk Anda, maka saya MENJADI SIAPA?".

Dilihat dari study case dari kami Shoba Industri sendiri dan juga sederetan merek-merek terkenal yang disebutkan dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya merek local bisa kita jadikan sebagai top brand hingga kelas dunia. Setelah anda mengetahui fakta bahwa bukan tidak mungkin merek local dari yang diciptakan pengusaha-pengusaha Indonesia booming dan menjadi top brand hingga international jadi bertanya-tanya bagaimana menciptakan top brand yang bagus. Maka dari itu juga, kami dari Shoba Industri akan menyuguhkannya di layar baca anda.

Seperti yang kami sebutkan diatas bahwa sekarang ini membangun brand tidak semudah dulu. Jaman dulu banyak merek produk dan bisnis membangun branding satu untuk semua kalangan. Kalo sekarang ini sulit membangun merek seperti itu lagi. Secara umum hal yang pertama-tama yang perlu anda perhatikan tatkala ingin membangun usaha anda supaya menjadi terkenal adalah:

1.     Tentukan Target Audiens Brand

Dasar pertama untuk membangun brand adalah untuk menentukan target audines untuk anda bisa berfokus. Kita tidak bisa menjadi segalanya untuk semua orang, bukan? Ketika membangun brand, perlu diingat apa sebenarnya bisnis yang anda miliki, dan apa yang anda coba untuk mencapai. Anda dapat menyesuaikan misi dan pesan untuk memenuhi kebutuhan brand ke lebih spesifik lagi. Cari tahu secara rinci perilaku dan gaya hidup target audiens anda.

Ini adalah beberapa contoh singkat:

a.       Ibu tanpa suami yang bekerja dari rumah.

b.     Penggemar teknologi yang selalu membeli gadget baru.

c.       Mahasiswa dari luar negeri yang belajar di Indonesia.

d.     Perekrut pekerjaan professional.

Mantapkan gambaran siapa konsumen anda, kemudian ciptakan identitas brand yang dapat mereka pahami dan dapat mereka memiliki hubungan dengan merek brand anda tersebut.

2.     Tentukan Misi Brand

Sebelum anda dapat membangun brand yang bisa dipercaya audiens, anda perlu tahu apa yang nilai utama dari bisnis yang anda sediakan. Misi pada dasarnya mendefinisikan tujuan kenapa satu bisnis ada. Misi dapat menginformasikan banyak hal tentang apa sebenarnya bisnis yang anda miliki. Apa misi anda? Buatlah satu ekspresi yang jelas tentang apa yang perusahaan anda lakukan dan kenapa perusahaan anda lahir ke dunia. Semuanya dari logo anda ke slogan anda, iklan dan setiap pesan dari brand anda harus mencerminkan kepribadian misi tersebut.

Anda pasti tahu slogan Nike: "Just Do It". Tapi apakah anda tahu misi brand Nike? Misi Nike adalah: "Untuk membawa inspirasi dan inovasi untuk setiap atlet di dunia". Anda dapat melihat misi Nike dengan jelas di manapun. Brand ini berfokus pada semua jenis atlet yang menggunakan produk Nike untuk menjadi versi terbaik diri mereka. Nike bahkan melangkah lebih jauh dengan misi mereka, dengan menambahkan catatan kaki sebagai pernyataan: "Jika anda memiliki tubuh, anda adalah seorang atlet". Pikirkan tentang seberapa luas target audiens sekarang dengan pernyataan seperti itu.

3.     Teliti Brand Lain Dalam Industri

Anda tidak harus meniru persis apa yang brand besar lakukan di industri anda. Tapi, anda harus menyadari apa yang telah mereka lakukan dengan baik atau di mana mereka gagal. Tujuannya adalah untuk membedakan bisnis yang anda miliki dengan kompetisi lain. Meyakinkan pelanggan untuk memilih anda dan bukan mereka. Anda perlu mempelajari hal apa yang pesaing anda lakukan secara efektif, dan hal apa yang tidak efektif yang masih mereka lakukan. Beberapa hal yang bisa diperhatian tentang brand lain:

a.       Apakah mereka konsisten dengan pesan mereka dan identitas mereka di semua saluran?

b.     Bagaimana kualitas produk atau jasa mereka?

c.       Apakah mereka memiliki ulasan dari pelangagan yang dapat dibaca? (Seperti pembahasan di media sosial).

4.     Pahami Keunikan Dari Brand Yang Anda Miliki

Akan selalu ada brand dengan anggaran yang jauh lebih besar dan memiliki lebih banyak sumber daya untuk di industri yang anda layani. Anda perlu tahu apa manfaat spesial dari produk atau jasa yang disediakan oleh bisnismu, yang hanya dimiliki oleh bisnismu secara unik. Anda harus menggali dalam-dalam dan mencari tahu apa yang anda tawarkan, dan apakah ada pesaing lain yang menawarkan hal serupa. Fokuslah pada kualitas dan manfaat yang membuat perusahaan anda unik. Keunikan atau keistimewaan suatu brand bisa berupa:

a.       Layanan yang lebih otentik dan transparan untuk pelanggan.

b.     Dapat memberikan produktifitas yang lebih baik.

c.       Membantu menghemat uang dengan pilihan yang lebih terjangkau.

Dengan asumsi anda tahu persis siapa target audiens anda, anda harus memberi mereka alasan untuk memilih brand anda di atas yang lain. Apple jelas tidak seperti perusahaan komputer lain. Salah satu dari keunikan utama mereka adalah desain yang bersih, dan manfaat utama mereka adalah penggunaan yang sangat mudah. Dari kemasan mereka yang unik dan cara mereka mengumumkan pesan, Apple selalu mengingatkan pelanggan bahwa produknya dapat digunakan langsung dari kotak tanpa perlu dipasang lagi.

5.     Logo & Slogan Yang Menakjubkan

Yang paling dasar dan paling penting dalam membangun brand, adalah penciptaan logo perusahaan dan slogan. Logo akan muncul pada segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis anda. Ini akan menjadi kartu nama anda, invoice / bon, juga dokumen-dokumen kontrak yang anda buat. Anda harus bersedia untuk menginvestasikan waktu dan uang untuk menciptakan logo dan slogan yang luar biasa. Ingat anda akan menempatkan logo pada segala sesuatu untuk memperkuat identitas dari brand anda.

Menyewa desainer profesional yang berpengalaman dalam pembuatan brand dan idenditas perusahaan akan mendatangkan keuntungan jangka panjang. Keahlian mereka akan memastikan bahwa anda mendapatkan tanda unik yang abadi untuk bisnis yang anda miliki. Seorang desainer berpengalaman juga dapat mengembangkan pedoman brand, untuk memastikan konsistensi untuk design lainnya di masa depan dan palet warna yang unik yang dapat membuat orang dapat mengetahui brand anda hanya dengan melihat paduan dari beberapa warna, contohnya seperti Coca-Cola (merah dan putih) atau McDonald (merah dan kuning) dan Shoba Collection (merah dan biru).

6.     Bentuk Persepsi Untuk Brand Bisnis

Persepsi yang dapat anda bangun tergantung pada misi perusahaan anda, target audiens, dan juga industri. Persepsi ini dapat digunakan untuk cara anda berkomunikasi dengan pelanggan anda, dan bagaimana mereka menanggapi anda. Sebuah persepsi di suatu bisnis bisa berupa:

a.       Profesional.

b.     Ramah.

c.       Informatif.

d.     Murah.

e.       High Class.

f.       Aman.

g.     Tahan lama / tidak mudah rusak.

7.     Menciptakan Pesan Untuk Brand Anda

Ketika membangun brand, anda di suatu saat akan perlu menjelaskan ke pelanggan siapa sebenarnya anda secara ringkas. Gunakan persepsi yang telah anda pilih untuk bisnis yang anda miliki sebagai pedoman dalam membuat pesan ini. Pesan anda harus terkait erat dengan brand anda, dan dapat disampaikan dalam 1-2 kalimat agar mudah diingat.

Pesan-pesan ini harus dapat lebih menjelaskan anda setelah orang melihat logo dan slogan yang telah anda buat. Semua agar orang-orang dapat menentukan aspek-aspek kunci dari siapa anda, apa yang anda tawarkan, dan mengapa orang harus peduli.

Sebuah pesan yang diberikan oleh brand adalah kesempatan untuk berkomunikasi sebagai manusia, membuat hubungan emosional langsung dengan konsumen anda. Pesan ini harus mudah dipahammi dan dapat segera mencolok secara emosional. Membuatnya sederhana dan jelas adalah proritas utama. Dan perlu diingat bahwa ketika menyusun suatu pesan adalah, janganlah anda menjelaskan apa yang produk anda dapat lakukan, tapi jelaskanlah kenapa konsumen anda perlu memiliki produk anda (atau menggunakan jasa yang anda tawarkan).

8.     Biarkan Kepribadian Brand Anda Bersinar.

Konsumen tidak akan menyadari keberadaan perusahaan yang menawarkan hal yang sama dengan perusahaan lainnya. Mereka mencari pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, yang didukung oleh interaksi secara pribadi yang tulus. Membuat kepribadian brand anda menonjol dalam setiap aspek adalah cara paling tepat untuk membangun brand anda. Hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membiarkan brand anda bersinar adalah seperti:

a.       Pilihan kata dalam percakapan (seperti apakah cara spesifik anda memanggil konsumen: Kamu/Anda/Tuan & Nyonya/Sista/agan).

b.     Memperlihatkan proses di balik layar (seperti proses pembuatan produk).

c.       Cerita tentang pengalaman nyata atau sejarah perusahaan.

d.     Menggambarkan produk / jasa dengan cara unik.

e.       Memiliki tarian unik yang dapat dikenali.

Tapi anda harus ingat untuk tetap konsisten dengan kepribadian di semua titik kontak dengan konsumen.

9.     Mengintegrasikan Brand Ke Dalam Setiap Aspek Bisnis.

Seperti yang anda sadari membangun brand adalah perjalanan tanpa berhenti. Brand anda harus terlihat dan tercermin dalam segala sesuatu yang pelanggan anda dapat lihat dan rasakan. Contohnya seperti dari kartu nama, iklan, atau kemasan produk anda. Bahkan ketika klien mengunjungi kantor anda, kepribadian brand anda harus dapat dipamerkan dengan baik di lingkungan kantor, juga di setiap interaksi personal dengan klien seperti di customer service. Dan untuk website anda, setiap design, pesan, dan konten juga harus konsisten dengan kepribadian anda. Dan yang tidak perlu dilupakan adalah cara brand anda berinteraksi di sosial media. Ingat konsumen anda melihat semua aspek yang anda lakukan!

10. Tetap Setia Pada Brand

Kecuali jika anda memutuskan untuk mengubah brand yang anda miliki, konsistensi adalah kunci. Setelah anda memilih sebuah persepsi kepribadian, dan menggunakannya untuk setiap bagian dari konten yang anda buat. Jangan terus-menerus mengubah persepsi brand anda, inkonsistensi akan membingungkan pelanggan, dan membuat membangun brand jangka panjang lebih sulit.

Starbucks adalah pengecer terkemuka kopi di dunia, dan brand mereka selalu berjanji untuk membawa kesatuan untuk semua orang. Misi Starbucks? "Untuk inspirasi dan menumbuhkan semangat manusia - satu orang, satu cangkir dan satu lingkungan setiap kalinya". Itu sebabnya di setiap toko Starbucks anda dapat menemukan Wi-Fi gratis, meja besar, dan musik yang menenangkan untuk membuat orang-orang dapat menikmati percakapan dengan mudah. Mereka selalu menulis nama anda di kopi yang anda pesan untuk sentuhan pribadi ekstra yang sangat disukai oleh pelanggan mereka.

11. Jadilah Advokat Terbesar Brand

Setelah anda membangun brand yang bekerja untuk bisnis anda, tugas anda dan karyawan anda adalah untuk menjadi pendukung terbaik untuk memasarkan brand anda. Tidak ada yang lebih mengenal brand anda lebih baik daripada anda. Ketika mempekerjakan karyawan, pastikan bahwa mereka bisa sesuai dengan budaya dan bisa selaras dengan misi, visi, dan nilai-nilai dari brand anda. Doronglah karyawan untuk ikut membantu menyebarkan persepsi yang sejalan dengan brand perusahaan anda, semua untuk semakin memperkuat jangkauan brand anda. Berikan pelanggan setia anda kesempatan untuk menyampaikan suara. Doronglah mereka untuk membuat ulasan dan review, atau berbagi konten dengan anda.

Sebuah proses membangun brand yang kuat dapat mengubah bisnis dari pemain kecil menjadi brand besar yang sukses. Anda akan menemukan bahwa seiring meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap brand anda, penjualan anda juga akan meningkat drastis. Dan tidak bisa ditekankan seberapa penting untuk mengembangkan pesan dan idenditas yang konsisten untuk memperkuat persepsi brand anda. Brand adalah satu cerita tentang bisnis anda yang selalu diberitahukan saat anda melalukan hal apapun.

Setelah anda mengetahui tentang bahwa ternyata brand local bisa menjadi top di tingkat internarional dan tahapan-tahapan yang perlu kita lakuan untuk membangun brand bisnis kita. Mungkin anda jadi bertanya-tanya. Seberapa pentingkah membangun brand untuk bisnis? Sudah pasti jawabannya adalah SANGAT PENTING. Anda mungkin setuju tentang hal ini. Dalam mengembangkan sebuah bisnis, terutama dalam dunia digital online, brand merupakan salah satu dari sekian banyak faktor utama lain yang mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda di masa depan. Bagaimana tidak? Bisa Anda bayangkan jika Anda sudah lama dalam bisnis online namun hasil yang didapat hanya segitu-segitu saja? Alias tidak mengalami peningkatan. Bisnis Anda bisa masuk zona bahaya jika keadaannya seperti itu terus.


Comments

;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Usaha Dompet yang Tidak Akan Pernah Berakhir

TokoAndalan.com ~ Memang banyak orang bilang bahwa memulai sebuah usaha tidak selalu harus memiliki modal yang besar. Dan saat ini cukup banyak model usaha yang bermunculan dengan modal awal bervariasi. Bahkan read more

Akankah Bisnis Usaha Konveksi Tas Seminar Bisa Mati?

TokoAndalan.com ~ Umumnya, bila kita perhatikan bahwa kebanyakan konveksi biasanya mengkhususkan diri dalam hal produksi, ada konveksi kaos, konveksi kemeja, konveksi seragam, konveksi jaket, read more

Ledakkan Income Bisnis Anda melalui Video Marketing

TokoAndalan.com ~ Memang belakangan ini ketika mengunjungi YouTube dan main-main di media sosial, sering kita temui promo atau kampanye berbentuk video yang bermacam-macam metode variasi. Jika dicermati read more

Toko Grosir Tas Kulit Terbaik di Indonesia