Hubungi kami 6281252251990

Senin - Sabtu 8WIB sampai 18WIB.

Apakah Anda Masih Bingung Mau Bisnis Apa ?

Blog

TokoAndalan.com ~ Hari gene anda masih bingung mau berbisnis apa? Memang seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa jadi pengusaha itu gak harus tiba-tiba jadi Business Owner. Berproses aja, gak ujug-ujug. Memang benar, setiap orang yang pengen jadi pengusaha mengidamkan dirinya menjadi Business Owner, dimana bisnisnya bisa jalan dan terus menghasilkan, sementara dirinya bisa fokus ke hal lain, entah keluarga, da'wah, ekspansi bisnis, atau pemberdayaan. Tapi, untuk mendapatkan kondisi seperti itu, tidaklah mudah dan cepat. Anda mesti berjuang mati-matian agar bisnis Anda benar-benar stabil bahkan terus mengalami pertumbuhan. Sistemnya harus kuat. Manajemennya harus hebat. Timnya harus dahsyat. Pokoknya benar-benar bermindset korporasi.

Lantas, apa solusi buat kawan-kawan pemula yang ingin jadi pengusaha? Anda bisa mulai dari dropshipper (tanpa nyetok). Lalu naik tingkat jadi reseller (mulai nyetok). Setelah skill jualannya dan jiwa bisnisnya terasah, baru mulai pertimbangankan bangun bisnis sendiri dengan merek sendiri. Jadilah Anda sebagai Business Operator (segalanya dikerjakan sendiri). Lalu naik tingkat jadi Business Manager (mulai rekrut tim dan staff). Baru kemudian jadi Business Owner (mulai punya direktur dan manajer). Jadi, ikuti aja prosesnya. Jangan mau instan. Okey? Dan memang segala yang instan itu pada umumnya tidak baik bagi kita.

Seperti yang tadi Saya sampaikan, mulailah bangun bisnis dengan jadi dropshipper atau reseller dulu. Tujuannya satu, agar Anda ngerti datengin duitnya kaya apa, jualannya gimana, dan Anda bisa ngerasain nikmatnya membangun usaha dari hasil jerih payah sendiri. Kalau Anda masih bingung mau jadi reseller produk apa, Saya coba kasih solusinya ya. Kebetulan kami dari Shoba Industri yang bergerak dibidang konveksi tas seminar, Konveksi tas kulit, konveksi tas selempang dan bahkan kami juga sebagai konveksi dompet pesta yang dapat melayani pembuatan berbagai jenis tas dan dompet bisa bergabung bersama kami. Sesungguhnya ada begitu banyak yang bisa kami tawarkan kepada anda. Tapi untuk membuat anda lebih konsentrasi dalam satu ide bisnis sebaiknya satu jenis itu saja.

Adapaun langkah-langkah yang dapat anda lakukan tatkala ingin memulai bisnis online bagi anda seorang pemula adalah. Namun, sebelum kita berangkat kepembahasan selanjutnya tentang langkahnya ada baiknya saya jelaskan defenisi bebas dari bisnis online itu sendiri. Menurut saya, bisnis apapun yang dijalankan menggunakan media internet bisa dikatakan bisnis online. Jadi arti bisnis online itu sendiri memang bisa sangat luas. Jika kita sudah punya bisnis yang dijalankan secara offline, seperti buka toko baju, toko makanan, toko mainan, atau apapun, kemudian kita buka juga di internet, itu bisa menjadi bisnis online. Jika anda sudah mulai paham tentang apa itu bisnis online, selajutnya kita masuk kedalam tahapan-tahapan yang perlu anda perhatikan betul saat hendak memulai bisnis online. Hal pertama adalah :

1.     Luruskan niat, miliki mindset bisnis yang benar.

Pesan ini mungkin mungkin sudah sering Anda dengar. Tapi ingat, yang hendak Anda lakukan adalah membangun bisnis. Sehingga memiliki mindset bisnis yang benar dan sikap mental yang positif, adalah penting. Membangun mindset yang benar tentang bisnis online. Kita juga harus berpikir untuk membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk kita. Jangan sampai ketika kita sudah berhasil membangun usaha sampai susah payah, namun akhirnya mengorbankan hal-hal lainnya hanya karena kesibukan kita mengurus bisnis. Anda tentunya juga ingin memiliki waktu bersama keluarga, orang-orang tercinta, atau melakukan hal-hal bermanfaat lainnya bukan?

Jika Anda masih bekerja pada bisnis Anda, maka Anda adalah karyawan pada bisnis Anda sendiri. Tetapi jika yang Anda lakukan adalah bagaimana membuat bisnis Anda semakin berkembang, seperti dari 1 menjadi 2, dari 2 menjadi 10, dst, maka Anda adalah pebisnis. Dan sama seperti jenis bisnis lainnya, ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti: 1. Modal, 2. Produk yang akan dijual, 3. Pasar yang akan disasar, 4. Strategi pemasaran, 5. Kelangsungan bisnis dan tren bisnis.

Untuk itu, sebelum memikirkan hal-hal tersebut, benahi dulu mindset Anda. Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis. Dan sisanya adalah yang sifatnya teknis. Anda bisa saja mempunyai keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan berbagai fitur dan tampilan yang keren. Atau, bisa saja Anda sangat ahli dalam suatu bidang. Namun jika Anda tidak mempunyai visi terhadap kemampuan Anda, tidak mempunyai semangat untuk belajar dan bertahan, ya sama saja, bisnis Anda akan segitu-segitu saja.

Usahakan supaya bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar Anda, dan juga bagi kebaikan sesama. Dengan begitu, Anda akan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online. Tujuan utama kita dalam berbisnis selain mendapatkan penghasilan, juga supaya bisa melayani lebih banyak orang dan lebih bermanfaat bagi sesama?

 

2.     Cobalah Menjalin Koneksi

Siapapun akan sepakat bahwa untuk menjalankan bisnis, menjalin koneksi adalah hal penting. Bukan apa-apa, koneksi yang baik akan membantu Anda memulai usaha baru. Katakanlah mereka akan berbagi pengalaman dan strategi bagaimana usaha mereka bisa berhasil. Informasi dari mereka yang punya bisnis sama akan mengurangi rasa ragu Anda. Saat ini mencari koneksi tidaklah sesulit dahulu. Banyak media sosial yang bisa Anda gunakan. Bahkan orang terkenal dan piawai dalam bisnis pun memiliki sosial media. Dari situlah Anda mulai memperkenalkan diri. Bahkan dengan adanya koneksi antar sesame pebinis, anda dapat meng - ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) managemen binis dari para koneksi anda.

 

3.     Percaya Diri

Saat baru memulai bisnis, ide-ide kreatif Anda pasti sempat mengalami penolakan dan diabaikan orang. Ini menjadi salah satu alasan kenapa orang tidak berani memulai untuk berbisnis. Anda perlu meyakinkan diri bahwa Anda bisa berhasil dengan usaha baru Anda itu. Yang terpenting Anda harus bisa memperbaiki kualitas diri agar dapat bersaing di kancah usaha yang Anda impikan. Rasa percaya diri ini jadi resep utama yang membuat usaha Anda akan mengalami kesuksesan nantinya. Pengalaman kami sendiri dalam membangun ecommerce TokoAndalan dan juga didalamnya ada Shoba Industri sebagai pemasok produk yang dijual di ecommerce tersebut butuh beberapa tahun bagi kami untuk mendapat trush dan kepercayaan oleh banyak orang.

 

4.     Membangun Toko Online

Membuat toko online sendiri sudah bukan hal yang sulit lagi, dan salah satu cara termudahnya adalah membuat toko online dengan platform WordPress. Jika Anda memang punya keahlian dalam bidang web developmer tentu akan lebih mudah lagi dalam membuat toko online. Biasanya toko online digunakan untuk berjualan produk fisik dengan cara memajang produk tersebut di toko online Anda dan mempromosikannya di berbagai media online.

Lalu bagaimana jika kita tidak punya produk sendiri? Seperti yang saya tawarkan diatas, bahwa untuk pertama-pertama saat terjun kedunia bisnis sebaiknya gabung bersama konveksi tas malang. Anda bisa menjual produk kami yang memang banyak dicari di internet, yaitu dengan mengikuti program dropship dari kami yang siap selaku supplier kebutuhan anda. Keuntungan bisnis dropship ini adalah anda tidak perlu pusing dalam hal pengadaan barang, tidak perlu menyetok barang, tidak perlu melakukan proses packing dan pengiriman barang, dan suplier mengirim barang tersebut atas nama kita sebagai pemilik toko online. Baca artikel selengkapnya tentang Bisnis Dropship.

 

5.     Berani Mencoba

Punya pengetahuan dan keahlian tapi gak berani mencoba, lah bagaimana mau sukses kalau begitu? Secanggih-canggihnya smartphone yang anda miliki, jika tidak digunakan maka anda juga tidak bisa merasakan kecanggihannya. Maka dari itu, jika anda memiliki kemampuan, keahlian, atau ide bisnis, cobalah untuk merealisasikannya. Jangan pernah berpikir bahwa anda dapat meraih kesuksesan tanpa kesusahan, dengan keberanian untuk mencoba akan membangun mental bisnis anda untuk mencapai kesuksesan yang anda impikan selama ini.

 

6.     Jangan Takut Mengambil Resiko

Resiko merupakan bagian dari sebuah bisnis, anda harus memahami bahwa di setiap bisnis pasti memiliki resikonya sendiri. Jangan pernah mengharapkan bahwa anda akan terhindar dari resiko ketika ingin menjalani bisnis. Jadi intinya, beranilah untuk melawan resiko yang menghadang, jangan merasa minder jika anda sedang menghadapi resiko yang besar, karena disitulah mental bisnis anda di bangun. Perlu anda pahami, ketika anda tidak berani mengambil sebuah resiko, disitulah sebenarnya anda kehilangan peluang untuk sukses, karena kesuksesan itu selalu beriringan dengan resiko.

Yang mendasari seseorang takut dalam mengambil resiko adalah ketakutan akan kegagalan, hal itu sangat wajar karena jika boleh jujur, tidak ada seorang pun yang berusaha untuk mencapai kegagalan. Tapi sebenarnya itulah peran dari keberanian anda dalam mengambil resiko, ketika anda mengalami ketidakberhasilan sebanyak 50 kali, dan baru berhasil pada percobaan yang ke 51. Janganlah anda menganggap mengalami kegagalan, tapi anggaplah anda memiliki 51 cara untuk mencapai keberhasilan.

 

7.     Jangan Berhenti Belajar

Dunia bisnis akan selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, Anda dituntut untuk selalu belajar. Jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang dimiliki. Teruslah belajar dari siapapun, terutama dari para pesaing Anda. Selain itu, Anda juga bisa belajar dengan cara membaca majalah atau buku-buku bisnis, mengupdate berita terbaru, melakukan riset pasar, dan masih banyak lagi.

 

8.     Jangan Mudah Menyerah

Para pebisnis yang ingin sukses dalam setiap usahanya harus memiliki semangat yang tinggi, serta jiwa pantang menyerah. Tidak ada bisnis yang tanpa rintangan, jadi sebaiknya jangan langsung mundur dan menyerah ketika menghadapi hambatan. Biasanya, mereka yang hidup dengan penuh semangat serta pantang menyerah, memiliki peluang kesuksesan yang relatif lebih tinggi dibandingkan mereka yang rendah diri serta mudah menyerah. Teruslah mencoba meski Anda mengalami kegagalan. Kelak, kegagalan tersebut akan menjadi pembelajaran untuk Anda.

Bagaimana? Apakah anda masih bingung mau bisnis apa sebaiknya yang anda lakukan jika ingin berbinis dan masih sebagai pemula. Sekali lagi, saya tekankan kepada anda yang masih bingung mencari mitra binis dibidang konveksi tas dan dompet, anda bisa menghubungi cs TokoAndalan dan daftarkan diri sebagai dropshipper dan bahkan juga sebagai reseller kami. Keuntungan yang bakalan dapat anda peroleh jika bergabung bersama kami adalah sharing bisnis jika memang anda butuhkan, anda bebas bertanya kami tentang all bout bisnis yang sedang kami geluti dan kembangkan hingga sekarang ini. Happy Join!


;

Jangan sampai kelewatan tips & trick dan kabar promo dari kami

Bagaimana Memiliki Fokus Setajam Pedang dalam Berbinis

Tokoandalan.com ~ Dalam setiap kesempatan, cukup banyak orang yang menanyakan bagaimana cara untuk menjadi seorang pribadi yang dapat focus terhadap satu urusan. Terlebih bisa focus untuk menjalankan bisnisnya h read more

Apakah Facebook masih Menjadi Sarana yang baik Untuk Berdagang ?

TokoAndalan.com ~ Kami yakin, pastinya dari anda sudah mengetahui bahwa Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan read more

Panduan Pemilihan Nama Brand Bisnis

Tokoandalan.com ~ Bagi sebagian orang yang sudah menjadi pakar, untuk merancang identitas merek bisnis adalah proses yang menyenangkan dan mendatangkan imajinasi yang tinggi serta kreatifitas terbaik. Namun, tek read more